Konsultan SMK3 PP 50/2012

KONSULTAN SMK3 PP 50/2012

Cover SMK3 PP 50 2012-

SMK3 PP 50/2012 – Peraturan Pemerintah (PP) No. 50 Tahun 2012 mengenai penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3). PP No. 50 Tahun 2012 telah ditetapkan pada 12 April 2012 di Jakarta. PP tersebut merupakan peraturan pelaksanaan dari pasal 87 UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dalam PP Nomor 50 Tahun 2012 tersebut, semua pemberi kerja wajib melaksanakan SMK3, terutama perusahaan yang mempekerjakan minimal 100 tenaga kerja atau perusahaan yang memiliki tingkat potensi kecelakaan yang tinggi akibat karakteristik proses kerja.

SMK3 merupakan bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan, khususnya untuk mengendalikan segala risiko saat proses produksi atau operasional di tempat kerja. PP ini diterbitkan untuk dapat meningkatkan efektivitas perlindungan bagi tenaga kerja melalui SMK3 yang lebih terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi.

Tahapan Kegiatan Jasa Konsultasi

  1. Diagnostic Audit & Gap Analysis: Pelaksanaan Analisa gap penerapan SMK3 yang berlangsung saat ini dengan persyaratan SMK3;
  2. Kick off Meeting & Klarifikasi Hasil Gap Analysis (Hasil diagnostic audit) dan Pembentukan Tim Internal System Development di Perusahaan
  3. Awareness Training SMK PP 50/2012
  4. Pelatihan dan Penyusunan HIRADC (Hazard Identification, Risk Assesment & Determining Control)
  5. Training petugas P3K sertifikasi KEMNAKER RI*
  6. Training Ahli K3 Umum sertifikasi KEMNAKER RI*
  7. Pengembangan Sistem & Penyusunan Dokumentasi SMK3 PP 50/2012
  8. Klarifikasi Penerapan SOP / Revisi & Penyempurnaan (Management System Implementation)
  9. Coaching and Mentoring Management System Implementation
  10. Training Auditor SMK3 PP 50/2012 Sertifikasi KEMNAKER RI*
  11. Training Incident Investigation and Reporting;
  12. Review dan Menerapkan pemeriksaan kesehatan berkala untuk tenaga kerja;
  13. Melakukan Pemeriksaan dan Pemantauan Lingkungan Kerja;
  14. Pendampingan Audit Internal SMK3 PP 50/2012 dan arahan untuk pembuatan laporan audit.
  15. Rekomendasi tindakan perbaikan & tinjauan manajemen
  16. Pembuatan Laporan P2K3, Kecelakaan, Penyakit Akibat Kerja (PAK)
  17. Memastikan Lisensi Operator Pesawat Uap, Pesawat Tenaga & Produksi, Pesawat Angkat Angkut masih berlaku;
  18. Pendampingan Proses Audit Sertifikasi/ Assessment oleh Badan Sertifikasi
  19. Perbaikan Hasil Audit Sertifikasi
  20. Penyampaian Laporan Akhir

*)Noted : Judul training operator alat dan kompetensi kelembagaan dapat berubah sesuai dengan karakteristik perusahaan.

Persyaratan Wajib Audit SMK3

  1. Kelengkapan Legalitas (SIUP, TDP, NPWP, Domisili yang berlaku)
  2. Sertifikat Kepesertaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan (jika tidak ada bisa diganti dengan bukti pembayaran BPJS)
  3. Memiliki Petugas Peran Penanggunglangan Kebakaran di Tempat kerja bersertifikat Kemenaker (sesuai dengan Kepmenaker No. 186 Tahun 1999)
  4. Memiliki Petugas P3K di Tempat Kerja bersertifikat Kemenaker (sesuai dengan Permenaker No. 15 Tahun 2008)
  5. Memiliki Ahli K3 Umum bersertifikat Kemenaker (sesuai dengan Permenaker No. 02 Tahun 1992).
  6. Telah membentuk organisasi P2K3 (Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dan telah mendapatkan pengesahan dari Disnaker setempat (sesuai dengan Permenaker No. 04 Tahun 1987)
  7. Telah dilakukan Pemeriksaaan Kesehatan Berkala untuk Tenaga kerja dari Laboratorium/ Klinik/Rumah Sakit yang ditunjuk oleh Kemenaker sebagai PJK3 Kesehatan Kerja (sesuai dengan Permenaker No. 02 tahun 1980).
  8. Telah dilakukan Pemeriksaan Lingkungan Kerja di Tempat Kerja (sesuai dengan Permenaker No. 13 Tahun 2011)
  9. Telah dilakukan Audit Internal SMK3
  10. Memiliki Internal Auditor SMK3 bersertifikat Kemenaker.
  11. Memiliki Lisensi Operator Pesawat Uap; Pesawat Tenaga dan Produksi; Pesawat Angkat dan Angkut. (Jika menggunakan pesawat dalam operasional produksinya)
  12. Memiliki Petugas K3 Kimia berlisensi Kemenaker. (Jika menggunakan bahan kimia sesuai Nilai Ambang Batas).
  13. Memiliki Petugas K3 Listrik berlisensi Kemenaker. (Jika menggunakan Pesawat tenaga dan produksi (Genset) diatas 200 KVA.
  14. Memiliki petugas bekerja di ketinggian berlisensi Kemenakerr. (jika pekerjaan dilakukan diatas diatas ketinggian (bangunan tertentu).
  15. Memiliki petugas bekerja diruang kerja terbatas berlisensi Kemenaker (jika pekerjaan dilakukan pada ruang terbatas (confined space).

Registration

Hasil Pencapaian Program Konsultasi

  1. Program Konsultasi Sistem Manajemen K3 PP 50/2012 akan dikembangkan berdasarkan pembentukan mindset & behavior berbasis pengelolaan risiko atau disebut Risk Based Thinking di seluruh lini organisasi sehingga tercipta suatu habit preventive action for improvement;
  2. Kegiatan Implementasi dilakukan berdasar “participative approach”, yaitu pelaksana sistem akan dilibatkan secara aktif, dalam perencanaan dan pengembangan sistem kerjanya dengan bantuan konsultan. Peran Konsultan adalah memfasilitasi kegiatan-kegiatan implementasi, untuk memastikan efektifitas dan efisiensinya. Teknik- teknik “Ice Breaking” akan menjadi formulasi tersendiri dalam menembus kebekuan atau “resistance” yang ada di internal perusahaan;
  3. Konsultan berperan sebagai Change agent” sesuai arahan atau kebijakan-kebijakan khusus dari Manajemen Puncak.
  4. Implementasi Sistem Manajemen K3 memerlukan komitmen Manajemen Puncak, karena itu dukungan dan keterlibatan aktif Manajemen Puncak terhadap program ini sangat memperlancar dan mempercepat proses perubahan yang diharapkan

Benefit Mengikuti Program Konsultasi

  1. Konsultan terjun langsung setiap hari kerja dan terjun langsung ke dalam aktivitas perusahaan agar memahami seluruh proses & aktivitas sehingga mampu menentukan prioritas perbaikan yang dibutuhkan perusahaan
  2. Konsultan ikut serta mendampingi penerapan management system dan memberikan arahan jika terdapat penyimpangan atau kekeliruan
  3. Konsultan melakukan pengukuran efektivitas penerapan dan melatih personil perusahaan agar mampu mengevaluasi system management yang telah berjalan
  4. Konsultan membantu tindakan perbaikan yang dibutuhkan dari hasil pengukuran dan evaluasi sehingga terbentuk road map improvement yang berkelanjutan.

Beberapa Kegiatan Konsultasi SMK3 PP 50/2012 yang sudah berjalan :

Konsultan SMK3 PP 50/2012
Training HIRADC Program Konsultasi SMK3 PP 50/2012 di PT CHUHATSU INDONESIA, Karawang

Konsultan SMK3 PP 50/2012
Kick off Meeting Program Konsultasi SMK3 PP 50/2012 di PT HINO MOTORS MANUFACTURING INDONESIA, Purwakarta

Konsultan SMK3 PP 50/2012
Kick off Meeting Program Konsultasi SMK3 PP 50/2012 di PT CHUHATSU INDONESIA, Karawang

Konsultan SMK3 PP 50/2012
Kick off Meeting Program Konsultasi SMK3 PP 50/2012 di PT HINO MOTORS MANUFACTURING INDONESIA, Purwakarta

Konsultan SMK3 PP 50/2012
Foto Bersama Training Incident Investigation Program Konsultasi SMK3 PP 50/2012 di PT CHUHATSU INDONESIA, Karawang

Konsultan SMK3 PP 50/2012
Kick off Meeting Program Konsultasi SMK3 PP 50/2012 di PT HINO MOTORS MANUFACTURING INDONESIA, Purwakarta

Berikut Perusahaan yang sudah mengikuti konsultasi kepada kami :

customer ahli k3 umum phitagoras

MENGAPA MEMILIH PHITAGORAS?

Berdiri sejak tahun 2003, Phitagoras merupakan PJK3 Resmi Kemnaker  dengan No. KEP. P. 052/BINWASK3-PNK3/XI/2017 dan satu – satunya QHSE Training & Consulting di Indonesia yang sudah memiliki sertifikat ISO 9001:2015 dengan No Sertifikat FS 669848 & OHSAS 18001:2007 dengan No Sertifikat OHS 669850 dari British Standard Institution (BSI) serta memiliki 3 akreditasi internasional dari NEBOSH UK, CIEH UK dan British Safety Council. Phitagoras juga memperoleh lisensi Tempat Uji Kompetensi BNSP melalui LSP K3 ICCOSH dan LSP OSHE Nusantara.  

Logo_certification_iso Sertifikasi OHSAS Phitagoras
Sertifikasi BSI Sertifikat ISO PT. Phitagoras Global Duta

Pendaftaran Konsultasi

Pendaftaran Consultancy

Pesan Anda
.

Please read our privacy policy

Phitagoras Training and Consulting
Ruko Golden Boulevard Blok Q no 19, Jl. Pahlawan Seribu – BSD City Serpong, Tangerang Selatan-15322
Telp : 021 – 53161424, 021 – 53161425 – ext.104
Email: konsultan@phitagoras.co.id

Konsultan SMK3 PP 50/2012

Share on Whatsapp
Butuh Bantuan? Klik Disini

Kami hadir untuk membantu Anda. Silakan Chat dengan salah satu Account Executive Kami

Account Executive

Nia - Head Office

Online

Account Executive

Tia - Surabaya

Online

Account Executive

Shofi - Head Office

Online

Account Executive

Neha - Surabaya

Online

Nia - Head OfficeKomunikasikan Kebutuhan Anda Disini

Hello, ada yang bisa Kami bantu untuk Anda? 00.00

Tia - SurabayaInfo Training di Surabaya, Chat Disini ya

Hello, ada yang bisa Kami bantu..? 00.00

Shofi - Head OfficePaparkan Kebutuhan Training Anda Sekarang Juga!

Hello, apa yang bisa Kami bantu untuk Anda ? 00.00

Neha - SurabayaInfo Training di Surabaya, Chat Disini ya

Hello, ada yang bisa Kami bantu..? 00.00