- February 2, 2023
- Posted by: admin
- Category: News
MENGAPA KOMUNIKASI DI AREA KERJA PENTING?
Setiap hari kerja, Anda berkomunikasi dengan para karyawan, sesama supervisor, dan para atasan Anda. Sering kali kesalahan, salah paham, dan salah pengertian terjadi akibat adanya miscommunication.
Area kerja Anda juga tidak berdiri sendiri. Ia merupakan bagian terintegrasi dari sebuah organisasi. Ada ketergantungan antara satu area kerja dengan area kerja lain dan ini berlaku juga untuk area kerja Anda.
Katakanlah Anda seorang supervisor pabrik dan membutuhkan bantuan dari departemen pengendalian produksi. Anda harus berkomunikasi dengan supervisor (atau atasannya) di departemen tersebut dan berusaha mendapatkan bantuannya. Sering kali Anda sulit mendapatkan bantuan.
Kalaupun mendapatkannya, dari segi waktu misalnya, tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Anda harus berkompromi dengannya. Belum lagi, kalau kebutuhan Anda sangat mendesak. Mau tidak mau, Anda harus berkonfrontasi terlebih dahulu untuk meyakinkan area kerja lain, baru mendapatkan bantuan tepat waktu.
Semua ini berbicara mengenai komunikasi, baik meyakinkan supervisor lain, mengambil hati atasan agar mendukung rencana Anda, berkonfrontasi dengan sesama supervisor, memberikan presentasi di hadapan para atasan, maupun memberi instruksi kerja kepada para bawahan Anda. Anda harus mempunyai hubungan yang harmonis dengan semua area kerja lain, terutama yang terkait langsung dengan area kerja Anda.
Di area kerja, Anda harus berkomunikasi dengan para karyawan Anda dengan jelas. Pemberian tugas yang efektif adalah refleksi dari komunikasi yang efektif.
Singkat kata, tak akan ada habisnya jika kita ingin membicarakan pernik-pernik komunikasi. Banyak sekali hal yang berkaitan dengan komunikasi. Namun demikian, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan komunikasi? Bisa saja ada seribu satu macam kasus atau topik komunikasi dan seribu satu taktik komunikasi untuk menanganinya, tetapi apakah ada formula yang kokoh, stabil, dan tidak bervariasi (rigid) untuk berkomunikasi yang tinggal kita ikuti?
JAWABANNYA ADALAH … ADA!
SYLLABUS TRAINING
- Communication Skills
- Effective Communication
- Various Communication
- Dunia Kerja
- Definisi Komunikasi Cerdas
- Paradigma Komunikasi Cerdas
- Karakter dan Gaya Kepribadian
- Confrontation Skill
- The SMART COMMUNICATION Formula
- Aplikasi “the SMART COMMUNICATION Formula”
SIAPA YANG PERLU HADIR
Para Insan yang Berinteraksi di Dunia Kerja
TRAINER
Ir., Desmon Ginting M.Tech. |