- April 5, 2024
- Posted by: Web Admin
- Category: News
Inhouse Training Quality Control Circle – PT Paramount Enterprise International Tangerang
Alhamdulillah, Phitagoras Training and Consulting telah berhasil menyelenggarakan Inhouse Training Quality Control Circle untuk PT Paramount Enterprise International di Tangerang secara offline sesuai jadwal yang telah diinformasikan sebelumnya pada tanggal 05 April 2024.
Training Quality Control Circle
Untuk meningkatkan kepercayaan customer sebuah perusahaan akan melakukakan beberapa perbaikan untuk mengurangi tingginya complain customer. Masalah seperti kerusakan kemasan packaging yang rusak dapat saja mengakibatkan return products. Untuk menyelesaikan masalah ini perusahaan menggunakan metode Quality Control Circle (QCC) dan juga Quality Loss Fuction untuk menghitung kerugian yang ditanggung oleh perusahaan. Menjalankan kualitas suatu produk perlu dilakukan standarisasi yang tepat, agar produk yang dihasilkan sesuai dengan permintaan konsumen. Perusahaan harus memperhatikan kualitas dari produknya. Demi kualitas dan kuantitas dari produk yang dihasilkan baik, perusahaan secara rutin melakukan kegiatan QCC, guna untuk menganalisis dari masalah-masalah yang ada di lapangan.
Dalam kondisi krisis saat ini, setiap perusahaan dituntut untuk melakukan strategi cost reduction. Maka, setiap karyawan perlu dibekali metode melakukan cost reduction yang benar, dilibatkan secara sistematis. Quality Control Circle (QCC) adalah sekelompok karyawan yang secara proaktif membahas dan memecahkan masalah-masalah dalam pekerjaan dan lingkungannya dengan tujuan meningkatkan mutu usaha. Pada pelaksanaanya perlu adanya fasilitator (pemandu) atau atasan langsung. Karena fasilitator (pemandu) atau atasan langsung sangat menentukan keberhasilan implementasi QCC di dalam perusahaan, maka mereka harus disiapkan dengan pengetahuan yang mendasar baik tentang konsep Total Quality Management (TQM) maupun perangkat kendali mutu dan peran-peran fasilitator.
Mengingat pentingnya penerapan Quality Control Circle (QCC), maka Phitagoras Training & Consulting bermaksud menyelenggarakan Training Quality Control Circle (QCC) untuk membantu organisasi mengenalkan dan memberikan bekal pemahaman tentang Quality Control Circle (QCC) termasuk implementasi penerapannya. Dengan difasilitasi oleh praktisi dan tim yang telah berpengalaman dalam penerapan sistem manajemen serta sertifikasinya, para peserta akan memiliki bekal untuk menerapkannya di instansi/perusahaannya masing-masing seusai mengikuti pelatihan ini.
Tujuan & Manfaat Pelatihan
- Mampu memahami konsep penerapan Total Quality Management
- Mampu meningkatkan kesadaran terhadap mutu dan masalah-masalah organisasi
- Mampu melakukan pemecahan masalah mutu
- Mampu membentuk dan membimbing QCC dalam proses pemecahan masalah dengan Delapan Langkah dan Tujuh Alat (DELTA)
Materi Pelatihan
Hari Pertama
- Overview Total Quality Management
- Pemahaman KAIZEN sebagai dasar QCC
- Proses Pemecahan Masalah (Daur PDCA)
- PDCA Cyrcle
Hari Kedua
- Tools Pemecahan Masalah: Pareto Chart, Bar Chart, Pie Chart, Run Chart, Fishbone Diagram, Histogram
- Membuat Laporan QCC
- Tahapan Audit QCC
- Tips Presentasi QCC yang Efektif
- Manajemen QCC di Perusahaan
- Kepemimpinan seorang Facilitator dalam QCC
Peserta yang direkomendasikan
Pimpinan perusahaan dan pemegang kebijakan, General manajer, manajer, supervisor dan staff atau karyawan dari bidang atau divisi yang bersinggungan langsung dengan Quality Control Circle (QCC) serta Semua pihak yang membutuhkan pengetahuan seputar Quality Control Circle (QCC)
Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh para peserta kepada Phitagoras Training and Consulting sebagai penyelenggara pelatihan ini. Semoga pelatihan Quality Control Circle ini memberikan manfaat yang besar bagi semua peserta dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam mengelola dan meningkatkan kontrol kualitas di lingkungan kerja mereka.
Kami berkomitmen untuk terus memberikan layanan pelatihan yang berkualitas dan bermanfaat bagi semua peserta. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan kami berharap dapat bekerja sama lagi di masa depan.